Salah satu pertimbangan penting yang mempengaruhi keputusan untuk kuliah diluar negeri adalah biaya hidup. Tentu saja pertimbangan ini muncul karena berbagai alasan. Salah satu faktornya adalah faktor ekonomi, ya karena biasanya biaya untuk belajar diluar negeri tidaklah murah.

Berkaca dari cerita dan penjelasan mahasiswa Internasional lainnya (mahasiswa dari Jepang, Malaysia, USA, Austria) , biaya hidup di Taiwan tidaklah mahal, bila dibanding dengan negara lain seperti Jepang dan China. Namun jika dibanding dengan Indoensia biaya hidup di Taiwan tentu lebih mahal. Hal ini disebabkan karena nilai tukar rupiah yang lemah. Saat ini nilai tukar rupiah terhadap Taiwan berkisar 1NTD = Rp.416. Inilah penyebabnya biaya hidup di Taiwan bagi mahasiswa dari Indonesia mahal. Biasanya untuk biaya makan dilingkungan kampus, biaya sekali makan adalah berkisar NTD 50. Jika dirupiahkan berkisar Rp.20.000 sekali makan. Mahal dong? Ya benar, memang mahal jika biaya anda semua dikirim dari orang tua.

Walaupun demikian, biaya hidup di Taiwan tetaplah dianggap murah. karena perbandinganya bukan saja dari negara lain, tetapi besarnya pendapatan jika bekerja di sana. Secara umum upah perjam di taiwan adalah NT$120. Sedangkan untuk biaya sekali makan adalah NT$50 (Makan dikampus). Jadi, jika anda bekerja 5 jam saja, anda sudah bisa membiayai makan untuk 3 hari. Murah bukan?

 Biaya hidup tidaklah sesuatu yang perlu dikakhawatirkan untuk belajar di Taiwan, karena hampir semua Universitas ditaiwan menyediakan beasiswa. Beasiswa yang disediakan pun beraneka macam tergantung universitas yang menyediakan dan prestasi akademik kita.

untuk melihat besarnya kapasitas beasiswa beberapa kampus, silakan baca tautan dibawah ini....

 PANDUAN LENGKAP BEASISWA NKFUST
 
PANDUAN LENGKAP BEASISWA NTUST

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NDHU

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NSYSU

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NCCU

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NTHU

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NTOU

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NCU

Saya teringat sebuah pepatah zaman dulu, yang katanya "dimana ada kemauan disitu ada jalan" , pepatah ini benar adanya. hanya saja kita harus bekerja keras untuk menggapainya. Alasan tidak adanya biaya bukanlah menjadi alasan tidak menempuh pendidikan tinggi, karena ketersediaan beasiswa saat ini sangat memadai, hanya saja lagi lagi anda harus berjuang meraihnya.

Sampai disana dulu penjelasan tentang biaya hidup di Taiwan, kiranya dapat memberikan pemahaman dan menjadi referensi informasi tambahan. Salam hangat dari Kaohsiung, Taiwan.