Secara umum ada 2 masalah kenapa pelajar Indonesia sangat sedikit jumlahnya belajar diluar negeri. Masalah ini sebenarnya bukan karena tidak punya niat atau kemauan, bahkan 80% pelajar Indonesia punya niat atau ingin belajar di luar negeri. Penulis merangkum secara umum masalah mendasar pelajar Indonesia tidak belajar ke luar negeri yaitu,


1. Alasan rendahnya skor TOEFL/ Kemampuan bahasa inggris yang rendah.
TOEFL adalah masalah klasik. Masalah ini sudah mendarah daging dari zaman soekarno dulu hehehhee (lebay). Ya, tentu saja , tidak gampang belajar TOEFL kalau teknik yang digunakan tidak tepat. Saya masih ingat pepatah zaman dulu, “Kurangi menggunakan otot, tambahi penggunaan otak”. Artinya tidak hanya kerja keras, tetapi teknik jitu juga sangat penting.

2. Kurangnya informasi
Dizaman digital sekarang ini, sangat disayangkan kalau anda ketinggalan informasi. Kenapa demikian??, karena penggunaan internet sudah lumrah digunakan, bahkan internet sekarang lebih dari sekedar sumber informasi, banyak orang yang bisa mendapatkan pengasilan dari internet. Artinya, jangan sampai ketinggalan guys,silahkan temukan informasi beasiswa di internet. “Sedikit usahamu mencari, mengasilkan beribu informasi berarti”.

Namun, dalam kesempatan kali ini, kita hanya akan membaas teknik jitu atau cara jenius belajar TOEFL, untuk internetnya kita bahas lain kali. Oke, langsung saja kita masuk ke tahap cara jenius belajar TOEFL CEKIDOOOOTTTT :

Berikut tahap cara jenius yang harus teman teman lakukan :
1.  Kamu cari tempat atau instansi yang mengadakan TES TOEFL PREDICTION, nah biasanya biayanya tidak mahal sekitar Rp.100.000, kamu sudah bisa tes kemampuan kamu.

2. Silahkan tes kemampuan kamu terlebih dahulu, agar kamu tau berapa skor kamu sekarang, nah dari sana kamu bisa melakukan perbaikan diri.

3. Kalau kamu salah menjawab semua soal TOEFL, kamu akan dapat skor 310,  artinya tidak ada skor nol untuk tes TOEFL. Skor minimal adalah 310. Biasanya skor minimal untuk melamar beasiswa keluar negeri adalah 500, jadi kamu harus berjuang keras guysss.

4. Setelah kamu melakukan tes TOEFL pertamamu, kamu pasti sudah tau sampai dimana kemampuanmu, dan kamu juga harus tau dimana letak kelemahan dan kekuatanmu. Nah,kalau sudah tau, silakan perkuat yang lemah dan tingkatkan lagi kelebihanmu . 

Untuk sesi ini, kami akan membagi 3 tahap cara jenius belajar TOEFL. Yaitu tahap cara jenius belajar LISTENING, tahap cara jenius belajar READING dan tahap cara jenius belajar STRUCTURE (GRAMMAR). Langsung saja kita mulai cekidoooottt :

1. Tahap cara jenius belajar LISTENING

  • ·         Biasakan menonton film atau animasi menggunakan subtitle bahasa inggris. Yah, memang tidak gampang guys, oleh  karena itu sediakan kamusmu. Saran saya, belilah kamus electrik yang lengkap, nah jadi gampang buka kamusnya :D 

  • ·         Biasakan menyukai lagu dan menyayikan nya dalam bahasa inggris. Tidak usah malu ya guys, karena belajar bahasa memang arus di praktekkan.

  • ·         Mulailah sedikit demi sedikit mengganti kata kata anda dengan bahasa inggris yang sudah anda hafal. Tidak boleh malu ya guys, harus terbiasa, agar mudah diingat dan lumrah didengar. 

  • ·         Silahkan download percakapan/dialog dalam bahasa inggris dan simpan di Handphone anda. Nah, kemanapun anda pergi, anda tetap bisa belajar. Jadi belajar tidak pandang tempat lagi kan guys??

  • ·         Silakan ganti semua bahasa aplikasi handphone, laptop, computer, TV, kedalam bahasa inggris. Dengan cara ini anda akan menjadi lebih familiar dengan bahasa inggris.

  • ·         Yang terakhir, usahakan daftar lagu di handphone, laptop dan computer adalah lagu yang berbahasa inggris. Kapanpun dimanapun anda berada, silakan dengar lagu yang berbahasa inggris.


2. Tahap cara jenius belajar STRUCTURE (GRAMMAR)
  • ·         Untuk belajar grammar, kuncinya adalah latihan membahas soal. Bagi teman teman yang belum pernah sama sekali belajar grammar, boleh mencari tempat les/bimbingan belajar TOEFL. Atau boleh juga mendownload soal soal grammar di internet.  

  • ·         Mulailah ketika berbicara dalam bahasa inggris memperhatikan penggunaan tenses, tujuannya adalah sekedar mengingat. Hal ini juga bisa dilakukan ketika teman teman mau menulis, perhatikan dan gunakan grammar yang sudah teman teman pelajari.

  • ·         Bawa kumpulan soal grammar  kemanapun anda pergi, jika punya waktu silahkan dibahas lagi guysss soal soalnya :D . Dengan cara ini, anda tidak dibatasi ruang untuk belajar :D  

3. Tahap cara jenius belajar READING
  • ·         Sebagian besar penentu skor TOEFL kamu adalah ditentukan oleh banyaknya perbendaharaan kata yang kamu punya dalam bahasa inggris. Nah, masalah ini sudah sekaligus dijawab oleh kebiasaan menonton film dalam subtitle bahasa inggris. Tidak sulit kan guysss :D

  • ·          Biasakan membaca komik, novel, atau majalah dalam bahasa inggris. Ini akan sangat membantu kamu dalam menjaab soal reading, lagi lagi perbendaharaan kata anda harus ditingkatkan.

  • ·         Dalam menjawab soal reading, biasakan membaca soalnya terlebih dahulu, jangan membaca teks terlebih dahulu ya...

  • ·          Biasakan menggarisi atau memberi tanda kata kunci pada teks yang anda telah baca.

  • ·         Dari teks yang kita baca, kita usahakan agar menemukan ide utama, nah dari sana kita juga harus menemukan saran dan informasi penting penulis. Sehingga kita bisa memberi kesimpulan.

  • ·         Semakin sering teman teman membaca teks dalam bahasa inggris,akan meningkatkan kemampuan membaca cepat, nah ini sangat dibutuhkan dalam mengadapi soal reading.
  • ·         Prioritaskan bagian penting teks, karena banyak orang yang terpaku kepada teks yang tidak penting. Hal ini terjadi karena adanya kata yang tidak dimengerti, oleh karena itu, diabaikan dulu kata yang tidak dipahami, kemudian cobalah memahami isi teks secara keseluruhan.

Catt :
INTI DARI SEMUA TEKNIK DIATAS ADALAH LATIHAN. SILAHKAN PERBANYAK LATIHAN DAN JUGA PERBANNYAK MENGIKUTI TEST TOEFL PREDICTION. KETIKA SUDAH DIANGGAP MUMPUNI, BOLEH AMBIL TES ITP YANG SESUNGGUHNYA.

Sampai disana dulu pembahasan cara jenius belajar TOEFL, Jika ada yang perlu kita diskusikan, silahkan beri komentar atau hubungi admin di :

FACEBOOK          : Genesis Sembiring
EMAIL                   : genesis_sembiring@yahoo.com
Line                        : genesissembiring

BERJUANGLAH KEJAR MIMPIMU ‼‼‼‼!

SALAM HANGAT DARI KAOHSIUNG , TAIWAN