Mayoritas alasan orang tua di daerah saya tidak mengecap pendidikan tinggi adalah karena masalah biaya. Tampaknya sistem pendidikan kita belum benar benar merdeka.

Lalu, saya merenung, benar juga!!!! Biaya pendidikan di perguruan tinggi tidaklah murah. Namun jika ditelisik lebih dalam, biaya itu sebenarnya bisa ditutupi oleh beasiswa dan bekerja sampingan.

Lebih jauh lagi, saya menyimpulkan, tidak hanya masalah biaya, tapi "KRISIS MENTALITAS BERJUANG". Mentalitas berjuang untuk mengecap pendidikan nampaknya kurang membanggakan. Hal ini terliat dari muncul asumsi negatif dari pendidikan.

Tingginya jumlah pengangguran terdidik menjadi penyebab rendahnya "MENTALITAS BERJUANG mengecap pendidikan tinggi di Universitas.Hal ini menjadi tema unik pendidikan Indonesia abad 21 .

Kembali lagi, masalah utama bukanlah biaya, tapi Pola pikir.

Saya teringat, dengan beberapa kiprah hebat dosen saya ketika kuliah di Pend Ekonomi Unimed, Mereka berjuang keras mengubah pola pikir saya terlebih dahulu, dan saya melihat ini adalah cara yang benar dalam membangun Pendidkan.

Saya kira, pernah mengecap pendidikan di unimed, adalah hal yang membanggakan....

Dengan momen HARDIKNAS ini, mari kita pacu semangat untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi, Biaya memang salah satu variabel, tapi pola pikir yang benar mampu membangun HARAPAN BARU......
Ketersediaan peluang Beasiswa mampu menjawab permasalaan biaya, tetapi krisis mental dan pola pikir siapa yang mampu merubah???  Biaya tidak patut lagi dijadikan alasan tidak mengecap pendidkan, tapi ketidakmauan, dan kemalasan adalah pembunuh karakter yang paling berbahaya.

Untuk Beasiswa Taiwan, kami sudah menyediakan artikel untuk dibaca, Selain itu kami juga bersedia untuk membimbing siapa saja yang mau meraih beasiswa ini.  Setidaknya ini adalah sumbangan kecil untuk Indonesia. kami sebut PENDIDIKAN UNTUK BANGSA .


SALAM RINDU PARA PEGIAT PENDIDIKAN DI FE UNIMED...

:D :D :D :D

SALAM HANGAT DARI KAOHSIUNG, TAIWAN